:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Makna di Balik Pawai Ogoh-Ogoh Bagi Umat Hindu

Posted by Unknown Monday 31 March 2014 0 comments
 
Pawai Ogoh-Ogoh merupakan salah satu hal yang ditunggu dalam perayaan Nyepi bagi umat Hindu. Ogoh-Ogoh yang berarti setan yang berbentuk raksasa dan berwajah seram memiliki filosofi sendiri.

"Ogoh bute yaitu setan yang intinya memiliki wajah seram dan bentuk berupa raksa itu merupakan bentuk nafsu dunia yang mengoda manusia," ujar Pemangku Pura Aditya Jaya, I Made Agung Nugraha saat berbincang-bincang dengan detikcom, Minggu (30/3/2014).

Ogoh-Ogoh jika dianalogikan dalam manusia merupakan sifat durhaka atau perbuatan tercela. Agung mengatakan dalam ajaranya tubuh manusia terdiri sifat baik dan jahat.

"Pinggang kebawah yang mengartikan sifat jahat seperti ogoh-ogoh, pinggang ke atas sifat kebaikan seperti dewasa, dalam kehidupan dharma bute atau ogoh-ogoh selalu menggoda manusia, sehingga kembali lagi pada dasar iman manusia," ujarnya.

Menurutnya dalam tubuh manusia sifat baik dan buruk selalu bertentangan. Dalam kehidupan nyata ia mencotoh dalam peristiwa pencurian.

"Satu contoh saya bilang mencuri itu dosa, atau haram tapi saya sendiri mencuri ketika kita tergoda disaat itu ogoh-ogoh mempengaruhi kita, ketika kita menolak maka dewa tengah melindungi kita," ungkapnya.

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...