Pendahuluan E-Bisnis
Thursday, 16 May 2013
0
comments
Salah satu karakteristik utama era informasi adalah bisnis elektronik atau
yang lebih dikenal dengan istilah e-business. Model bisnis ini menekankan
pertukaran infromasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperliness,
melalui : electronic data interchange(EDI),Electronic
Commerce e-mail,
electronic bulletin boards, electronic
found transfer(intenet banking),TV interaktif , WAP (wirelless aplication
protocol) Dan teknologi lainnya yang juga berbasis
jaringan.
E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang
menghubungkan perusahaan ,
konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi
elektronik dan perdagangan barang , pelayanan
dan informasi yang dilakukan
secara elektronik.
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi
pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja
sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
Sejarah :
1.PADA
TAHUN 1969 DICIPTAKAN INTERNET DI UCLA, STANFORD RESEARCH ISTITUTE,
UNIVERSITAS UTAH, & UNIV.CALIFORNIA DI SANTA.
2.PADA
AWALNYA DIGUNAKAN UNTUK MENCIPTAKAN JARINGAN KOMUNIKASI ANTARA PROYEK-PROYEK
PEMERINTAH (ARPAnet)
3.TIGA
TAHUN KEMUDIAN LEBIH DARI 50 UNIVERSITAS & AGENSI MILITER TELAH TERHUBUNG
MELALUI JARINGAN
4.MELAUI
KERJASAMA DENGAN NASA AKHIRNYA JARINGAN INI BISA LEBIH LUAS SEHINGGA DISEBUT
INTERNET
5.BARU
PADA TAHUN 1991 INTERNET BISA
DIKOMERSIALKAN SEHINGGA SAMPAI SEKARANG BISA DIAKSES OLEH BANYAK ORANG.
E-Bisnis + E-Commerce
a) "E-Commerce is part of
E-Business"
b) Kegiatan perniagaan
merupakan bagian dari kegiatan bisnis
c) E-Commerce : "Trade of
goods and service"
d) Transaksi
perdagangan/perniagaan barang atau jasa
E-Commerce bagian E-bisnis
Tiga Tipe Aplikasi :
a) Electronic Markets (EMs)
adalah sarana yang menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam
sebuah segmen pasar
b) Electronic Data
Interchange (EDI)
Sarana untuk mengefesienkan pertukaran data
transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara
organisasi-organisasi komersial
c) Internet Commerce
Penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan
RUANG LINGKUP E-COMMERCE
Karakteristik E-Commerce
a) Transaksi Tanpa Batas
Batas-batas geografi sudah tidak menjadi
penghalang
b) Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus
bertemu muka satu sama lainnya
c) Produk barang tak
berwujud
Produk yang dijual tidak berwujud
Mekanisme E-Commerce
a) Transaksi yang terjadi
didunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperliness
transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah
paper document, malinkan dokumen elektronik (digital document)
b) Transaksi Online
1) Untuk Produk Software,
pembeli diijinkan mendownloadnya
2) Untuk Produk berwujud,
dilakukan pengiriman
3) Untuk produk jasa, jasa
layanan sesuai waktu dan tempat yang diinginkan
Jenis E-Commerce
a) Business to business
adalah sistem komunikasi bisnis on line antar
pelaku bisnis
Karakteristiknya : Trading patner,Pertukaran data dilakukan berulang-ulang dengan format
yang telah disepakati, model peer-peer dimana processing intelligence dapat
didistribusikan dikedua pelaku bisnis
b) Business to Consumer
adalah mekanisme toko online, transaksi antara produsen dengan konsumen Karakteristiknya : Terbuka untuk publik, service yang dilakukan bersifat umum, Service berdasarkan permintaan konsumen sedangakan produsen hanya merespon, model client server
adalah mekanisme toko online, transaksi antara produsen dengan konsumen Karakteristiknya : Terbuka untuk publik, service yang dilakukan bersifat umum, Service berdasarkan permintaan konsumen sedangakan produsen hanya merespon, model client server
Peluang E-commerce
a) ALIRAN PENDAPATAN BARU YANG LEBIH MENJAJIKAN (REVENUE STREAM)
b)
MENINGKATKAN PANGSA PASAR( MARKET EXPOSURE )
c) MENURUNKAN BIAYA OPERASIONAL (OPERATING COST )
d) MELEBARKAN JANGKAUAN (GLOBAL REACH )
e) MENINGKATKAN KESETIAAN KONSUMEN (CUSTOMER LOYALITY)
f) MENINGKATKAN SUPLIER MANAJEMEN (SUPPLIER MANAGEMENT)
g) MEMPERPENDEK WAKTU PRODUKSI (PRODUCTION TIME)
h) MENINGKATKAN MATA RANTAI PENDAPATAN(VALUE CHAIN )
Resiko E-Commerce
a) Kehilangan segi finansial
secara langsung karena kecurangan
b) Pencurian Informasi
rahasia yang berharga
c) Kehilangan kesempatan
bisnis karena karena gangguan pelayanan
d) Penggunaan akses ke
sumber oleh pihak yang tidak berhak
e) Kehilangan kepercayaan
dari para konsumen
Faktor Pendorong Berkembangnya E-Commerce
a) Kemajuan Teknologi &
Infrastruktur sistem komunikasi
b) Meledaknya sistem
perdagangan global
c) Sistem perdagangan real
time
d) Tersedianya teknologi
sistem keamanan
e) Politik
f) Pengakuan terhadap
pernyataan yang sah
PROSES BISNIS DENGAN E-COMMERCE |
0 comments :
Post a Comment
Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.
Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).
Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.