:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Pendahuluan E-Bisnis

Posted by Unknown Thursday 16 May 2013 0 comments
Salah satu karakteristik utama  era informasi adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-business. Model bisnis ini menekankan pertukaran infromasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperliness, melalui : electronic  data interchange(EDI),Electronic Commerce  e-mail, 
electronic bulletin boards, electronic found transfer(intenet banking),TV interaktif , WAP (wirelless aplication protocol) Dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan.

E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan , 
konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan 
dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
 


E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). 



Sejarah :
1.PADA TAHUN 1969 DICIPTAKAN INTERNET DI UCLA, STANFORD RESEARCH ISTITUTE, UNIVERSITAS UTAH, & UNIV.CALIFORNIA DI SANTA.
2.PADA AWALNYA DIGUNAKAN UNTUK MENCIPTAKAN JARINGAN KOMUNIKASI ANTARA PROYEK-PROYEK PEMERINTAH (ARPAnet)
3.TIGA TAHUN KEMUDIAN LEBIH DARI 50 UNIVERSITAS & AGENSI MILITER TELAH TERHUBUNG MELALUI JARINGAN
4.MELAUI KERJASAMA DENGAN NASA AKHIRNYA JARINGAN INI BISA LEBIH LUAS SEHINGGA DISEBUT INTERNET
5.BARU PADA TAHUN 1991  INTERNET BISA DIKOMERSIALKAN SEHINGGA SAMPAI SEKARANG BISA DIAKSES OLEH BANYAK ORANG.



E-Bisnis + E-Commerce
a) "E-Commerce is part of E-Business"
b) Kegiatan perniagaan merupakan bagian dari kegiatan bisnis
c) E-Commerce : "Trade of goods and service"
d) Transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa



E-Commerce bagian E-bisnis
Tiga Tipe Aplikasi :
a) Electronic Markets (EMs)
adalah sarana yang menggunakan teknologi informasi  dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar
b) Electronic Data Interchange (EDI)
Sarana untuk mengefesienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
c) Internet Commerce
Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan 

RUANG LINGKUP E-COMMERCE
    
Karakteristik  E-Commerce
a) Transaksi Tanpa Batas
     Batas-batas geografi sudah tidak menjadi penghalang
b) Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya
c) Produk barang tak berwujud
     Produk yang dijual tidak berwujud

Mekanisme  E-Commerce
a) Transaksi yang terjadi didunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperliness transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, malinkan dokumen elektronik (digital document)
b) Transaksi Online
1) Untuk Produk Software, pembeli diijinkan  mendownloadnya
2) Untuk Produk berwujud, dilakukan pengiriman
3) Untuk produk jasa, jasa layanan sesuai waktu dan tempat yang diinginkan



Jenis  E-Commerce
a) Business to business
     adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis
     Karakteristiknya : Trading patner,Pertukaran data dilakukan berulang-ulang dengan format yang telah disepakati, model peer-peer dimana processing intelligence dapat didistribusikan dikedua pelaku bisnis
b) Business to Consumer 
adalah mekanisme toko online, transaksi antara produsen dengan konsumen Karakteristiknya : Terbuka untuk publik, service yang dilakukan bersifat umum, Service berdasarkan permintaan konsumen sedangakan produsen hanya merespon, model client server




Peluang E-commerce
a) ALIRAN PENDAPATAN BARU YANG LEBIH MENJAJIKAN (REVENUE STREAM)
b) MENINGKATKAN PANGSA PASAR( MARKET EXPOSURE )
c) MENURUNKAN BIAYA OPERASIONAL (OPERATING COST )
d) MELEBARKAN JANGKAUAN  (GLOBAL REACH )
e) MENINGKATKAN KESETIAAN KONSUMEN (CUSTOMER LOYALITY)
f) MENINGKATKAN SUPLIER MANAJEMEN  (SUPPLIER MANAGEMENT)
g) MEMPERPENDEK WAKTU PRODUKSI (PRODUCTION TIME)
h) MENINGKATKAN MATA RANTAI PENDAPATAN(VALUE CHAIN )

Resiko  E-Commerce
a) Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan
b) Pencurian Informasi rahasia yang berharga
c) Kehilangan kesempatan bisnis karena karena gangguan pelayanan
d) Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
e) Kehilangan kepercayaan dari para konsumen

Faktor Pendorong Berkembangnya E-Commerce
a) Kemajuan Teknologi & Infrastruktur sistem komunikasi
b) Meledaknya sistem perdagangan global
c) Sistem perdagangan real time
d) Tersedianya teknologi sistem keamanan
e) Politik
f) Pengakuan terhadap pernyataan yang sah
 

PROSES BISNIS MANUAL
PROSES BISNIS DENGAN E-COMMERCE



0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...