:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

9 Aksi Handball Paling Menghebohkan Sepanjang Masa

Posted by Unknown Saturday 31 May 2014 0 comments

Bagi pemain bola, haram hukumnya menggunakan tangan pada saat permainan. Hanya penjaga gawang yang memiliki hak istimewa memakai tangan. Itu pun hanya di area kotak penalti.

Jika wasit menangkap pemain menggunakan tangannya secara aktif, maka sang pemain dinyatakan handball. Lawan pun mendapat keuntungan dengan tendangan bebas. Tak jarang, pemain yang 'nakal' itu harus diganjar dengan kartu merah.

Namun, ada kalanya aksi 'handball' itu luput dari pandangan wasit. Aksi sang pemain justru bisa mengutungkan tim meskipun mendapat cercaan dari banyak pihak.

Berikut 9 aksi handball paling menghebohkan di dunia seperti dikutip FTB Sport:

1. Diego Maradona (Inggris vs Argentina, Piala Dunia 1986)
Inilah aksi handball paling menghebohkan sepanjang masa. Aksi pemain legendaris Argentina, Diego Maradona saat melawan Inggris di babak perempat final Piala Dunia ini dikenal dengan sebutan gol "Tangan Tuhan".

Maradona mampu mengecoh wasit seakan dia menyundul bola untuk menaklukkan kiper Inggris, Peter Shilton. Padahal dia menggunakan tangannya. Protes atas gol kontroversial langsung bermunculan.

Namun, aksi Maradona saat mencetak gol kedua seolah membungkam publik soal gol kontroversial itu. Mantan pemain Napoli ini mengecoh lima pemain Inggris sebelum memperdaya Shilton untuk kali kedua. Argentina memenangkan laga ini dengan skor 2-1.

2. Thierry Henry (Prancis vs Irlandia, playoff Piala Dunia 2010)

Legenda Prancis, Thierry Henry mematahkan impian rakyat Republik Irlandia yang ingin menyaksikan tim kesayangannya tampil di Piala Dunia. Pada saat leg kedua, Henry melakukan aksi curang yang berperan terhadap gol yang meloloskan Prancis.

Henry terlihat mengontrol bola dengan tangan sebelum memberikan bola yang berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh William Gallas. Skor 1-1, dan Prancis lolos ke Piala Dunia dengan agregat 2-1.

Henry akhirnya meminta maaf kepada publik Irlandia. Namun, seperti karma Prancis tampil buruk di Piala Dunia 2010. Les Bleus langsung tersingkir di penyisihan grup tanpa mengantongi satu pun kemenangan.

3. Luis Suarez (Ghana vs Uruguay, Piala Dunia 2010)
Luis Suarez menahan bola dengan tangan di Piala Dunia 2010
Tindakan kontroversial dilakukan Luis Suarez di babak perempat final Piala Dunia 2010. Suarez sengaja menahan sundulan pemain Ghana, Dominic Adiyiah dengan tangannya. Alhasil Suarez menerima kartu merah dan Ghana mendapat hadiah penalti. 

Namun, Asamoah Gyan yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya. Uruguay akhirnya melaju ke semifinal setelah menang 4-2 lewat tendangan penalti.

4. Jeong Yeonga (Jerman vs Korea Selatan, Piala Dunia Wanita U-20)
Tendangan pemain Jerman, Alexandra Popp mengenai mistar gawang sebelum terbang ke udara. Bek Korea Selatan, Jeong Yeonga menyangka bola sudah keluar dan menangkap dengan tangannya.

Aksi Yeonga itu tentu saja berbuah fatal. Meskipun tak sengaja, wasit tetap memberikan hadiah penalti untuk Jerman. Popp yang maju sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan baik.

5. Nemanja Vidic (Serbia vs Jerman, Piala Dunia 2010)

Vidic dikenal sebagai pemain belakang yang tanpa kompromi dan penuh perhitungan. Namun, siapa sangka pemain yang akan bergabung dengan Inter Milan ini sempat melakukan aksi konyol.

Hal tersebut terjadi pada saat Serbia menghadapi Jerman di penyisihan grup Piala Dunia 2010. Vidic terbang ke udara dan menahan bola dengan tangannya pada saat tendangan penjuru.

6. Liam Brownhill (Blythe Spartans vs Droylsden, FA Trophy 2011)

Pemain ini bukanlah pemain yang dikenal pecinta sepakbola. Namun, aksinya saat Blythe Spartans melawan Droylsden sangat layak untuk dikenang.

Bak seorang penjaga gawang, Brownhill melakukan penyelamatan spektakular saat terjadi kemelut di kotak penalti. Dia menghalau bola dengan tangannya. Namun, hal ini luput dari pengamatan wasit.

7.Stephane Henchoz (Liverpool vs Arsenal, final Piala FA 2001)

Satu lagi handball yang luput dari pengamatan wasit. Tendangan Thierry Henry sebenarnya mengenai lengan bek Liverpool, Stephane Henchoz. Namun, wasit tidak melihat adanya handball.

Arsenal tidak mendapatkan hadiah penalti dan Henchoz tidak menerima kartu merah.Liverpool sukses menjadi juara dengan kemenangan 2-1.

8. Steven Taylor (Newcastle United vs Aston Villa, 2005).

Pengorbanan yang dilakukan pemain Newcastle United, Steven Taylor bisa memicu perdebatan apakah tergolong handball atau bukan. Kiper Shay Given terlalu maju sehingga membuat pemain Villa, Daris Vassel berdiri bebas.

Taylor memutuskan untuk melindungi gawangnya. Tendangan kencang Taylor berhasil ditahannya. Namun, ternyata wasit menganggap Taylor melakukan handball. Penalti untuk Villa dan Taylor menerima kartu merah.

9. Lionel Messi (Barcelona vs Espanyol, 2007)


Messi beberapa kali dibanding-bandingkan dengan legenda Argentina, Diego Maradona. Kemampuan individu Messi tak perlu diragukan lagi dan dianggap memiliki kemiripan dengan Maradona.

Ternyata, Messi juga pernah meniru gol "Tangan Tuhan" Maradona. Hal itu dia lakukan dalam pertandingan melawan Espanyol dalam ajang La Liga pada 2007. Messi mencetak gol dengan tangannya, persis seperti yang pernah dilakukan Maradona.
 
sumber

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...