:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Pesona Eksotik Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali

Posted by Unknown Monday 4 April 2016 0 comments


Bedugul merupakan salah satu kawasan objek wisata di Bali yang terletak di desa Candikuning, Kabupaten Tabanan. Bedugul memiliki pemandangan yang indah dengan udaranya yang sejuk seperti halnya wisata Puncak di Bogor. Perjalanan menuju ke objek wisata Bedugul memakan waktu 1,5 jam perjalanan dari Kota Denpasar.

Kebun Raya Eka Karya Bedugul merupakan salah satu objek wisata yang merupakan salah satu hutan lindung yang menjadi paru-paru udara di Pulau Bali. Kebun Raya ini udaranya sejuk dan cocok sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Kebun Raya ini terdapat berbagai koleksi tumbuh-tumbuhan yang menarik sebagai wisata pendidikan.





Koleksi Anggrek: Taman anggrek terletak di samping Gedung Kantor Utama yang berjarak sekitar 800 meter dari Gerbang Masuk.  Taman Anggrek bagian bawah merupakan daerah terbuka sebagai tempat untuk koleksi anggrek silangan, sedangkan Taman Anggrek bagian atas merupakan tempat bagi anggrek liar yang merupakan prioritas koleksi karena besarnya manfaat dalam penelitian dan upaya pelestariannya. Koleksi anggrek ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur, antara lain Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Lebih dari 293 jenis anggrek telah menjadi koleksi Kebun Raya Bali.

Tumbuhan Paku dan Lumut: Koleksi tanaman paku disebut dengan Taman Cyanthea yang berasal dari marga tumbuhan pakuTaman Cyanthea terletak di dekat Herbarium berjarak 750 meter dari Gedung Utama. Lebih dari 80 jenis tumbuhan paku menjadi koleksi yang berasal dari Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera dan Papua.


Begonia: Rumah kaca Begonia terletak di samping Gedung Nayaka Loka berjarak sekitar 500 meter dari Gedung Utama. Begonia memiliki variasi bentuk dan warna daun yang beragam nan indah. Masyarakat pencinta tanaman hias mengenal Begonia sebagai tanaman hias daun. Keunikan jenis tanaman ini terletak pada bentuk daun yang tidak simetris (asimetris)

Kaktus: Rumah Kaca Kaktus terletak di samping Taman Anggrek berjarak sekitar 800 meter dari Gedung Utama. Kaktus sangat terkenal dengan ciri khasnya sebagai tumbuhan berduri. Kaktus (Cactaceae) merupakan tumbuhan sukulen terbesar di dunia yang terdiri dari lebih 2000 species dan 130 genus. Kaktus dapat ditemukan secara alami di Benua Amerika dan telah diintroduksi di beberapa tempat di dunia yang mempunyai iklim kering dan hangat. Kaktus adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah gurun yang panas. Dengan daun yang telah termodifikasi menjadi duri kaktus dapat hidup di daerah yang kering. Namun kaktus ternyata juga mampu tumbuh dan berkembang di daerah dataran tinggi berhawa dingin seperti Kebun Raya Bali.

Tanaman Obat: Taman Usada terletak di belakang Taman Anggrek berjarak sekitar 850 meter dari Gerbang Utama. Pengobatan tradisional Bali dikenal sebagai usada (Sansekerta Ausadhi : tumbuhan yang mengandung khasiat obat). Kebun Raya "Eka Karya" Bali mewujudkan salah satu bentuk kearifan tradisional di bidang pengobatan tersebut dalam sebuah taman yang disebut sebagai Taman Usada. Koleksi sebanyak lebih dari 300 jenis, ditanam dalam taman seluas 1.600 m2 ini berasal dari berbagai Kabupaten di Bali dan dilengkapi dengan sarana pendidikan berupa papan interpretasi berisi penjelasan singkat mengenai tanaman koleksi tersebut serta fungsinya dalam pengobatan tradisional Bali.


Tanaman Upacara: Taman Panca Yadnya terletak di dekat Pura Batu Meringgit, berjarak sekitar 450 meter dari Gerbang Utama.Taman Panca Yadnya merupakan tempat koleksi tanaman yang digunakan untuk Upacara Adat Hindu Bali “Yadnya” yang melibatkan tiga unsur yaitu bunga, api dan air. Yadnya berasal dari kata “Yad” yang artinya menuju keselamatan. Bunga melambangkan Siwa sebagai pelebur. Api simbol Brahma sebagai pencipta. Air simbol Wisnu sebagai pemelihara. Selain bunga, bagian-bagian lain dari tanaman seperti batang, daun, buah, umbi juga biasa digunakan untuk upacara tertuju kepada lima kelompok Yadnya yaitu Dewa Yadnya, Pitra Yadnya, Rsi Yadnya, Manusa Yadnya, Butha Yadnya.



Bambu dikenal sebagai tanaman serbaguna, mempunyai peran dalam menunjang kehidupan sehari-hari bahkan menjadi bagian dari tradisi yang berkembang di masyarakat. Jenis tumbuhan ini termasuk suku rumput-rumputan (Poaceae) yang umumnya hidup berumpun. Secara alami, bambu dapat tumbuh di berbagai tempat baik di tepi sungai, tepi pantai, lembah, lereng bukit bahkan di daerah pegunungan dengan ketinggian 2.000 m dpl.





Rhododendron. Kebun Raya Bali saat ini memiliki koleksi Rhododendron dan Azalea. Rhododendron dapat ditemukan tumbuh di Asia Tenggara; Malaysia, Filipina, Indonesia (terutama di Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Jawa, Bali, Lesser Sunda). Sebagian besar Rhododendron tumbuh di daerah pegunungan, baik sebagai epifit di pohon-pohon atau di tanah yang terbuka. Rhododendron memiliki bunga yang eksotis, sering kali wangi dan mekar dalam berbagai warna cerah. Rhododendron koleksi Kebun Raya Bali ditata sedemikian rupa di taman Rhododendron dan pengunjung dapat menikmati keindahannya.





Araceae. Beberapa jenis dari suku Araceae mempunyai nilai ekonomi sebagai bahan makanan, tanaman hias, dan bahan obat. Araceae jenis Colocasia, Alocasia, Amorphophallus dan beberapa jenis lainnya diketahui memiliki kandungan gizi karbohidrat tinggi. Marga Aglaonema, Anthurium>, Monstera, Philodendron banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Sedangkan marga Arisaema, Homalomena dan Typhonium sering digunakan sebagai tanaman obat. Kebun Raya Bali hingga saat ini memiki koleksi Araceae sebanyak 31 marga, 98 Jenis. Lima jenis merupakan koleksi baru hasil eksplorasi peneliti Kebun Raya Bali dari daerah Sulawesi dan Kalimantan.





Herbarium terletak di dekat kantor utama, sekitar 750 m dari gerbang utama. Kebun Raya Bali memiliki herbarium yang diberi nama Herbarium Hortus Botanicus Baliense (THBB). Herbarium ini menyimpan koleksi kering dan basah, juga biji yang berasal dari tanaman koleksi kebun maupun hasil eksplorasi. Koleksinya sebanyak lebih dari 10.000 spesimen dari lumut sampai tumbuhan berbunga. Herbarium ini terbuka untuk umum dengan pengawasan petugas. 

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...