:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

4 Perilaku Pramuniaga yang Menyebalkan

Posted by Unknown Tuesday, 22 May 2012 0 comments
Entah di minimarket, supermarket, atau toko baju ternama di pusat perbelanjaan, pramuniaga selalu ada dan kita terkadang berinteraksi dengan mereka.
Di antara ratusan, bahkan mungkin ribuan interaksi yang kita lakukan dengan mereka, ada beberapa di antaranya yang, kurang mengenakkan hati, seperti yang saya alami di salah satu Centre Computer Ternama di Denpasar, "mau cari apa mas?" "beli apa mas?" "mw cari laptop?" , ngikutin saya kemana-mana sambil menawarkan brosur diskon.. (nyebelin!!).  Berikut adalah empat hal menyebalkan bagi konsumen seperti saya.

Memanggil "Boleeeh Kakaaaak!" untuk menarik pelanggan
Kamu sedang jalan santai, dan tiba-tiba ada suara wanita dengan lantang mengatakan "Boleh, Kakaaak!”

Bukan, dia bukan adik kandungmu. Dia juga bukan adik kelasmu. Dia seorang pramuniaga sebuah toko baju. Usut punya usut, ternyata maksud dari kalimat itu adalah, mengajak kamu untuk mampir ke tokonya.

Entah dari mana asal-muasal penggunaan “Boleh Kakak” sebagai sebuah ajakan untuk melihat-lihat koleksi tokomu. Buat saya, sih, akan jauh lebih enak terdengar di telinga bila mereka mengatakan "Silakan Kak, dilihat." Apa kamu merasakan hal yang sama?

Mengikuti ke mana pun kita pergi
Sesaat begitu kamu memasuki teritorial toko, sang pramuniaga akan langsung menghampiri. Setelah itu, dia tidak akan melepaskan kamu ke mana pun kamu pergi selama masih di wilayah toko itu. Hal ini kadang kala bisa menyebalkan juga loh.

Sebagai calon pembeli, kita sering membutuhkan waktu sendiri (tanpa kehadiran mereka) dalam melihat-lihat barang yang kita inginkan. Kita tahu apa yang kita inginkan, dan kita tahu kapan kita membutuhkan bantuan mereka.

Jadi, tinggalkanlah kami sendiri.

Meminta uang (lebih) kecil
Kamu masuk ke sebuah minimarket, membeli sebotol air mineral. Kamu hanya memiliki selembar uang seratus ribu rupiah. Tapi saat membayar, tanggapan penjaga kasir adalah, "Mas, punya uang kecil nggak?"

Saya selalu merasa, konsumen berhak membayar dengan uang sebesar/sekecil apa pun. Kewajiban pihak tokolah untuk menyediakan uang kembalian. Pembeli adalah raja.

Apakah seorang raja harus bersusah payah mencari uang yang cukup kecil untuk membeli sebotol air mineral?

Memberikan kembalian berupa permen
Ini salah satu masalah klasik yang dihadapi hampir semua orang yang pernah bertransaksi di minimarket/supermarket. Sering kali uang kembalian kita ditukar dengan permen. Mungkin, mereka berpendapat "Dua buah permen akan lebih bermanfaat bagi pelanggan daripada dua koin dua ratusan."

Sayangnya, permen tidak dapat dijadikan alat tukar. Lima buah permen tidak dapat ditukar dengan sepotong tempe goreng. Dua puluh permen tidak dapat ditukar dengan sebotol air mineral. Ribuan permen tidak dapat ditukar dengan sepotong baju di gerai baju ternama.

Permen bukanlah sebuah alat tukar yang sah di negara ini. Ada baiknya pemberian permen sebagai kembalian dihentikan. Dan kita, sebagai konsumen, juga bisa kok menolak saat pramuniaga memberikan permen.

Ada yang mau menambahkan? silahkan koment

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...