:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Pengertian Internet

Posted by Unknown Friday 18 May 2012 0 comments

Pengertian Internet

Pengertian Internet

Pengertian Internet secara ilmiah adalah sumber informasi dan sumber daya komputer yang menjangkau seluruh dunia. Internet berasal dari kata Interconnection Neetworking. Inter kependekan dari International, Connection berarti hubungan, Networking adalah jaringan. Dengan kata lain internet dapat juga didefinisikan sebagai jaringan yang terdiri dari berbagai macam dan jenis komputer di seluruh dunia dan saling berkomunikasi dengan berbasiskan suatu protocol yang dinamakan TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protokol ). Sehingga setiap pemakai yang komputernya terhubung ke internet dapat saling mengakses layanan yang disediakan oleh komputer lain, dalam bentuk pertukaran data lateral, citra ataupun suara yang dapat dilakukan secara langsung dan dalam dua arah. Istilah lain untuk Internet adalah Dunia Maya ata Cyberspace.

Berkembangnya internet sampai seperti sekarang ini diawali dari suatu proyek yang disponsori oleh DARPA ( Defense of Advanced Research Project Agency ) pada tahun 1969 yang dinamakan ARPAnet (Advanced Research Projects Agency Network). ARPAnet merupakan proyek penelitian yang dirancang untuk menemukan teknologi sistem komunikasi data yang handal, untuk menghubungkan tempat-tempat strategis diwilayah Amerika Serikat. Teknologi sistem komunikasi yang digunakan saat itu adalah TCP/IP.

Pada perkembangan berikutnya teknologi ini dilanjutkan pada jaringan NSFnet ( National Science Fondation Network ) yang dikelola oleh NSF dengan menggunakan saluran telepon sebagai sarana transmisi. Karena biaya terlalu tinggi , NSF membuat alternatif dengan menghubungkan sistem komputernya ke jaringan lokal (jaringan lan) dan dari jaringan lokal di teruskan kejaringan lain. Alternatif ini berhasil sehingga di kembangkan lebih lanjut oleh Merit Network Inc.jaringan yang ada saat itu masih terbatas pada lingkungan akademi. Lembaga penelitian dan instansi pemerintah di Amerika Serikat. Baru pada awal tahun 90-an jaringan komputer ini mulai diperluas ke mancanegara dan mendapat tanggapan yang sangat memuaskan dari pemakainya dan jumlahnya terus meningkat dengan didukung jaringan-jaringan komersial seperti America Online, Prodigy, Compuserve, Delphi dll.
Pengertian-Internet

Saat ini internet telah menjadi jaringan komputer terbesar didunia, bahkan tidak hanya komputer, gadget seperti handphone atau tablet pun sekarang termasuk dalam jaringan internet. Internet tidak lagi digunakan sebagai penelitian, melainkan sudah berubah fungsinya menjadi sistem informasi global yang menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia didunia

Untuk dapat beraktifitas diinternet di perlukan sarana seperti program aplikasi untuk mengakses layanan yang di sediakan. Terdapat beberapa layanan yang ada dinternet seperti World Wide Web, Usenet, Email, TRansfer file, Telnet dll. Dan untuk mengakses layanan tersebut kita harus bekerja dengan komputer yang terkoneksi ke internet.

Pada jaman sekarang ini untuk menghubungkan komputer ke internet cukup mudah sekali, hanya cukup menggunakan modem yang berbasis jaringan seluler GSM atau CDMA, atau bisa juga menggunakan modem yang berbasis telepon kabel ( contoh : speedy ).

Semoga tulisan Pengertian Internet di blog ini, smg bermanfaat untuk anda yang belum mengerti internet.

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...