:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Orang Asia Gampang Diare jika Minum Susu

Posted by Unknown Friday 13 May 2016 0 comments




Sumber dari Kompas Health



Susu Sapi memiliki nutrisi tinggi juga bisa menyebabkan berbagai reaksi jika dikonsumsi yang salah satunya gangguan tersebut yaity gangguan pencernaan. Gangguan yang timbul akibat konsumsi susu sapi disebut juga dengan laktosa intoleran. Penyebabnya adalah penolakan tubuh terhadap karbohidrat susu, yaitu laktosa. Menurut Dr.Badriul Hegar, Sp.A(K), laktosa intoleran disebabkan karena rendahnya produksi enzim laktase di dalam sistem pencernaan. Akibatnya, karbohidrat dari susu tidak bisa dicerna dengan sempurna dan timbul diare. "Pada bayi baru lahir, enzim laktasenya belum lengkap sehingga laktosa tidak bisa dipecah dengan sempurna. Karena itu bayi akan mengalami laktosa intoleran, tapi hanya sementara," kata dr.Hegar.

Pada bayi, laktosa intoleran akan menyebabkan fesesnya cair, perut kembung, dan sebagainya. Kadar enzim laktase baru akan maksimal saat bayi berusia satu bulan sampai dua tahun. Setelah itu kadarnya akan menurun. "Berbeda dengan anak Eropa yang kadar enzim laktasenya tetap sampai dewasa, anak Asia, termasuk Indonesia, setelah usia dua tahun kadarnya terus turun. Makanya kalau minum susu gampang diare. Tapi ini normal untuk orang Asia," paparnya.

Penelitian menunjukkan, pada anak Asia usia 3-5 tahun sekitar 21 persen mengalami laktosa intoleran, di usia 6-11 tahun sekitar 57 persen, dan di usia 12-14 tahun hampir 73 persen. Laktosa intoleran berbeda dengan alergi susu. Pada kasus alergi susu, penyebabnya adalah protein susu dan sistem imun yang salah bekerja.

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...