:::: welcome to Bali WapBlog :::: ##"Mai Ng'Blog Pang Seng Belog"##

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Posted by Unknown Thursday 12 May 2016 0 comments




Kehabisan paket data di saat genting adalah momok bagi para pengguna smartphone modern. Yang menyebalkan, kuota internet acapkali terpakai tanpa disadari, misalnya karena disedot oleh aplikasi di latar belakang.

Selain aktif menghindari konten berukuran besar saat tidak tersambung dengan Wi-Fi, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk menghemat pemakaian data internet di ponsel Android

Berikut ini 6 di antaranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dariCnet

1. Aktifkan data saver pada browser Chrome
Peramban Chrome yang populer punya fitur penghemat daya yang praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, Data Saver namanya. Untuk menyalakan Data Saver, pengguna cukup membuka Chrome, lalu pergi ke menu Settings >data saverBegitu dinyalakan, fitur ini akan menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs web yang dibuka di peramban. 

2. Kurangi kualitas streaming
Layanan streaming musik dan video macam Spotify dan Netflix memang asyik, tapi bisa menyedot kuota dengan dahsyat kalau tak hati-hati dipakai. Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor. Media sosial seperti Snapchat turut menawarkan fungsi penghematan data bernama Travel Mode yang bisa diakses melalui menu settings. Saat Travel Mode diaktifkan, Snapchat tidak akan mengunduh konten seperti Stories di background apabila perangkat sedang terhubung ke jaringan seluler.

Hapus aplikasi Facebook
Saran yang satu ini bisa dibilang sudah umum. Aplikasi Facebook diketahui bisa memboroskan baterai maupun pemakaian data baik di Android maupun iOS. Sebabnya, aplikasi yang bersangkutan seringkali melakukan aktivitas di latar belakang seperti notifikasi untuk chat dan lain sebagainya. Sebagai alternatif aplikasiFacebook, pengguna bisa mengunjungi laman Facebook mobile yang jauh lebih hemat data serta tak menjalankan macam-macam fungsi di background.

4. Matikan sinkonisasi yang tidak diperlukan
Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google. Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan.


5Restrict background data
Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian backgroundoleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menuSettings > Data UsageSaat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke WiFi.

6. Simpan musik dan video secara offline

Apabila memungkinkan, unduh dan simpanlah konten secara lokal di perangkat Android. Hal ini bisa dilakukan pada layanan-layanan streaming seperti Spotify. Melalui opsi penyimpanan musik secara offline di perangkat, pengguna pun tak perlu mengunduh data tiap kali akan mendengarkan musik.Fitur ini bisa dipakai untuk menghemat pemakaian data. Begitu juga dengan fasilitas offline maps di Google Maps dan YouTube Offline.

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar SPAM
2. Komentar yang mengandung unsur SARA.
3. Komentar yang berbau PORNO.
4. Komentar Saling CACI MAKI.
5. Komentar IKLAN OOT (Out Of Topic).

Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus.
Terima Kasih. Salam Blogger.

New Update

Followers

Featured post

Kisah Di Balik Misteri Lagu Nina Bobo

Sebuah lagu yang berjudul Nina bobo yang pastinya anda tidak asing lagi dengan lagu tersebut, Yang mana lagu tersebut sering di lantun...